Rabu, 09 September 2015

Manusia ada atau manusia pergi ?

Membaca judul diatas, anda akan bertanya-tanya apa sebenarnya maksudnya? Judul diatas saya ambil dari salah satu judul artikel di buku “Don’t worry be hopey” karya Ajahn Brahm (hanya judulnya saja). Manusia ada (Human Being) atau Manusia pergi (Human Going), seperti judulnya, kalau kita menyadarinya, sebenarnya adakah manusia ada, maksudnya ada kesaat-inian, artinya lagi apakah anda sebagai manusia bisa selalu hadir pada kesaat inian? Ataukah masih terus berlari-lari kesana kemari sebagai manusia pergi ?
Dalam kehidupan manusia dewasa ini, mereka selalu sibuk berlarian kesana kemari, entah karena urusan bisnis, keluarga, dan masalah-masalah lainnya,
itulah yang menyebabkan mereka sepertinya hadir secara fisik disini, tetapi pikiran dan perhatiannya entah kemana, terus berlarian, tidak bisa menikmati kehidupan saat ini, detik ini juga. Itulah manusia pergi, yang selalu berlarian kesana kemari, baik secara fisik maupun pikiran dan perhatian.
Hal inilah, yang sering menimbulkan masalah-masalah baru baik dalam kehidupan rumah tangga ataupun kehidupan sosial mereka. Karena sibuk bekerja, sibuk berpikir kesana kemari, sehingga pikiran dan perhatian entah kemana, akibatnya hubungan dengan pasangan menjadi terganggu yang menyebabkan pertengkaran yang bisa juga berujung pada keretakan rumah tangga. Demikian pula halnya dalam hubungan bisnis/keuangan yang bisa menyebabkan perpecahan kerja sama. Semua ini disebabkan terlalu banyak pekerjaan, pikiran dan perhatian yang menyedot kesadaran orang tersebut, sehingga tidak bisa selalu hadir pada kesaat-inian.
Karena ketidaksadaran akan kesaat-inian menyebabkan kekacauan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menyebabkan semakin banyak masalah datang. Begitulah kehidupan manusia dewasa ini. Lalu bagaimanakah seharusnya yang kita lakukan ? Apakah hanya berdiam diri tidak melakukan apapun? Tentunya bukan begitu maksudnya, yang perlu dilakukan adalah selalu menyadari setiap saat akan apa yang sedang dilakukan, apa yang sedang dipikirkan dan perhatian selalu fokus pada satu tujuan. Dan cobalah untuk melakukan meditasi setiap harinya, paling tidak 5 menit setiap hari, kalau bisa lebih akan lebih baik. Jika anda punya waktu untuk makan, tidur, dan terutama bernapas, pasti akan waktu untuk bermeditasi. ^_^
Semoga kita akan selalu lebih sadar dan mawas diri akan kesaat-inian, bisa berlatih meditasi dan semoga kita semua selalu berbahagia..


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan masukannya.